
Strategi merupakan
hal vital bagi keberhasilan suatu bisnis, terutama di bidang pemasaran melalui
internet. Internet marketing membutuhkan
pemahaman mengenai SEO, media sosial, blog, email marketing, affiliate
marketing, SEM, remarketing, konten
marketing. Dengan memiliki
keterampilan tersebut akan menambah persentase keberhasilan bisnis Anda.
Mempersiapkan strategi yang matang dan executeable akan
mempermudah dan mempercepat proses customer
acquisition. “Without strategy execution is aimless. Without execution strategy
is useless” – Morris Chang (CEO of TSMC).
Internet MarketingStrategi dilakukan lebih fokus dan tidak bisa hanya dilakukan hanya sekedar bermain sebab seperti layaknya marketing bisnis semua harus di kerjakan lebih fokus pada target yang sebelumnya sudah direncanakan. target ini sesegera mungkin dilakukan supaya dana anggaran yang keluar tidak sia-sia. berikut ini beberapa internet marketing strategi yang perlu anda ketahui agar tepat sasaran. Berikut ini langkah-langkah membuat strategi internet marketing:
Internet MarketingStrategi dilakukan lebih fokus dan tidak bisa hanya dilakukan hanya sekedar bermain sebab seperti layaknya marketing bisnis semua harus di kerjakan lebih fokus pada target yang sebelumnya sudah direncanakan. target ini sesegera mungkin dilakukan supaya dana anggaran yang keluar tidak sia-sia. berikut ini beberapa internet marketing strategi yang perlu anda ketahui agar tepat sasaran. Berikut ini langkah-langkah membuat strategi internet marketing:

“Tak kenal maka tak sayang”, sepertinya ungkapan ini cocok untuk menggambarkan posisi Anda sebagai marketer atau pelaku bisnis terhadap audience Anda. Berikut langkah-langkah menganalisa pasar:
- Jenis kelamin: anda harus mendata semua tingkah laku publik apakah produk Anda dipakai oleh laki-laki, perempuan atau keduanya?. ini harus tepat karena jika tidak mengetahuinya kemungkinan anda akan bingung untuk menentukan produk yang tepat sasaran.
- Lokasi: dimanakah fokus lokasi penjualan?, anda harus tahu benar dimanakah produk anda laku keras.
- Umur: anda harus benar-benar mengatahui apakah produk ini untuk balita atau dewasa?, sasaran produk anda harus tepat dan ini merupakan salah satu cara yang harus dilakukan oleh Marketing Strategi.
- Pendapatan: apakah produk Anda untuk eksekutif berpenghasilan di atas 50 – 100jt sebulan atau untuk profesional yang berpenghasilan 3-15jt sebulan?,
- Profesi: apakah produk Anda menargetkan profesi tertentu?
- Waktu: apakah produk ini dijual sepanjang waktu atau hanya pada waktu tertentu?
- Pengeluaran: berapa banyak uang yang audience Anda keluarkan untuk produk serupa kepada kompetitor Anda?
2. Menentukan nama brand

Membuat brand adalah strategi awal untuk keberhasilan Anda, desain brand disesuaikan dengan visi dan produk Anda. Membuat brand yang mudah dikenal dan diingat oleh audience Anda.

Pelajari dan ikuti proses dan strategi kompetitor Anda yang telah berhasil. Analisa strategi masa lalu dan masa depan kompetitor, dengan mengetahui strategi mereka Anda akan dapat membuat strategi yang lebih baik. biasanya cara mereka selalu berubah-ubah. jadi anda harus bisa mengikutinya, namun perlu anda koreksi juga tentang anggaran dana anda supaya nantinya tidak ada pembengkakan, misalnya bila kompetitor anda sedang beriklan di media sosial atau affiliate iklan, anda bisa mengikutinya, namun anda harus jeli dan perlu hati-hati karena bila salah langkah kemungkinan dana anda terkuras habis namun anda tidak mendapatkan apa-apa, untuk itu bila ada celah atau alternatif lain yang bisa anda tiru dari prinsip kompetitor anda yang lebih ringan, sebaiknya lakukan yang lebih murah namun mengena pada sasaran. tapi hal ini tidak selalu efektif jika anda belum pernah melakukan, sebaiknya pelajari lebih dalam supaya hasilnya tepat sasaran.

Ada beberapa strategi pemasaran online yang dapat Anda manfaatkan, berikut contoh strategi pemasaran online:
Social media, membuat media sosial dan dapatkan banyak pengikut. Setelah Anda mempunyai banyak pengikut yang loyal maka Anda akan lebih mudah untuk memasarkan produk Anda.
Search Engine Optimization (SEO), strategi pemasaran ini sangat bermanfaat untuk meningkatan visibility di search engine. Dengan meningkatnya visibility di search engine Anda mendapat keuntungan berupa traffic yang besar dan stabil. Keuntungan utama strategi ini adalah murah, Kerugian strategi ini Anda membutuhkan seorang specialist berpengelaman yang mengerti SEO dan membutuhkan waktu untuk mencapai top 5 di halaman 1.
Search Engine Marketing (SEM), strategi ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan traffic secara masif. SEM identik dengan Google Adwords, dengan mengoptimalkan Google Adwords iklan website kita dapat tampil di posisi terbaik search engine, Youtube dan website yang bekerja sama dengan Google.
E-mail marketing, strategi ini memberikan penawaran melalui E-mail kepada audience yang telah berlanggan kedalam mailing list atau pernah membeli produk dari Anda
Affiliate marketing, konsep affiliate adalah memasarkan produk atau jasa dengan mendapat imbalan komisi. Setiap produk mempunyai ketentuan komisi, cara pembayaran dan peraturan yang berbeda.

.
5. Mendata setiap kegiatan marketing

Penting yang harus anda perhatikan adalah lakukan semua poin-poin di atas secara real time. dan harus anda coba, sebab dengan menganalisa pasar yang tepat anda bisa menentukan bagaimana seharusnya anda melakukan Internet Marketing Strategi . yang paling penting pendataan dari semua yang sudah anda lakukan, buatlah rasio perbandingan sebagai barometer anda sendiri menuju sukses bisnis di internet. Pelajari dan siapkan Google Analytics untuk mendata setiap kegiatan dan hasil marketing yang Anda lakukan. Tanpa mengetahui data tersebut Anda tidak akan mempunyai kesimpulan dari kegiatan marketing yang Anda lakukan.
No comments:
Post a Comment